top of page

10 Manfaat Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Distribusi

Penerapan teknologi merupakan salah satu solusi untuk mengoptimalkan proses bisnis. Seperti halnya penerapan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada perusahaan distribusi. 


Dengan software tersebut, distributor akan mendapat beragam manfaat, meningkatkan efisiensi proses operasional, pengambilan keputusan lebih akurat dan membuat bisnis dapat bersaing dalam memenangkan pasar. Tidak hanya itu, sistem ini juga berperan dalam meningkatkan kepuasan konsumen dan menumbuhkan loyalitas.


Manfaat Penerapan Sistem ERP bagi Distributor

10 Manfaat Sistem ERP bagi Perusahaan Distributor

1. Inventory Management lebih Akurat

Penerapan sistem ERP memberikan perusahaan distributor visibilitas terhadap tingkat jumlah inventory secara realtime, dan menekan resiko terjadinya kehabisan stok barang maupun overstock. Dengan kelebihan sistem ERP, perusahaan dapat mengontrol penggunaan biaya melalui inventory management yang lebih akurat, serta memaksimalkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen.


2. Optimalisasi Supply Chain Management

Sistem ERP menyediakan tools dan modul yang lengkap untuk membantu perusahaan distributor dalam mengelola supply chain, termasuk pengadaan, logistik dan membantu membangun relasi dengan pihak supplier. Dengan memanfaatkan fitur ini, perusahaan distributor dapat mengoptimalkan proses supply chain management, mengurangi durasi lead time serta meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait.


3. Forecasting Permintaan Konsumen lebih Akurat

Perusahaan distributor dapat memanfaatkan pengelolaan data yang akurat pada sistem ERP untuk menyusun forecasting permintaan konsumen dan tren pasar. Hal ini sangat berguna bagi bisnis distribusi untuk dapat mengantisipasi kelebihan stok barang, menyediakan kebutuhan konsumen serta menyeimbangan jumlah inventory sesuai dengan kebutuhan.


4. Manajemen Finansial lebih Baik

Data finansial perusahaan dapat dikelola secara terpusat dengan penerapan sistem ERP. Melalui integrasi dengan modul akuntansi, sistem ini dapat mengotomatisasi proses pengelolaan keuangan perusahaan, dan menawarkan visibilitas secara realtime terhadap kondisi finansial. Dengan begitu perusahaan distributor dapat mengelola anggaran biaya, melacak setiap pengeluaran dan meningkatkan laporan keuangan secara akurat dan lebih efisien.


5. Membangun Relasi dengan Konsumen

Sistem ERP menawarkan fitur integrasi dengan berbagai modul untuk dapat mengelola beragam proses bisnis, salah satunya dengan integrasi CRM untuk membangun relasi yang baik dengan konsumen. Fitur ini memungkinkan distributor untuk membangun interaksi dengan konsumen, melacak setiap penjualan dan menawarkan kemampuan untuk layanan yang lebih personal. Dengan begitu perusahaan distributor dapat membangun hubungan yang lebih baik dan menumbuhkan loyalitas konsumen.


6. Proses Analisis dan Penyusunan Laporan lebih Optimal

Penggunaan sistem ERP pada perusahaan distributor menawarkan penyusunan laporan yang lebih baik melalui fitur-fiturnya. Data yang akurat dan lengkap membantu perusahaan untuk dapat melakukan evaluasi dan optimalisasi pada proses bisnis. Selain itu, dengan manajemen data yang optimal, perusahaan dapat dengan akurat dalam menyusun perkiraan permintaan dan tren pasar, sehingga membantu bisnis distribusi lebih berkembang.


7. Supplier Relationship Management

Perusahaan distributor dapat memanfaatkan sistem ERP untuk membangun hubungan baik dengan pihak supplier. Komunikasi dan kolaborasi antar pihak dapat terbangun melalui pertukaran informasi yang akurat dan cepat, seperti proses negosiasi, informasi pengiriman, transaksi dan data penting lain. Sehingga distributor dapat menjalankan supply chain dengan lebih optimal.


8. Otomatisasi Proses Bisnis

Penerapan sistem ERP berbagai pekerjaan dan proses bisnis distributor yang sebelumnya dilakukan secara manual dan rentan terhadap permasalahan. Kemampuan otomatisasi pada sistem ERP membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, merampingkan proses agar lebih efektif dan efisien.


9. Adaptasi dan Skalabilitas lebih Mudah

Sistem ERP dirancang dengan kelebihan untuk mempermudah adaptasi dan skalabilitas bisnis. Kemampuan ini memberikan distributor untuk melakukan konfigurasi sistem sesuai dengan kebutuhan melalui integrasi dengan hardware dan software seperti Warehouse Management System (WMS). fleksibilitas yang ditawarkan sistem ERP bertujuan agar menjadi solusi yang dapat membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan persaingan bisnis.


10. Penggunaan Biaya yang lebih Efisien

Melalui pengelolaan inventory yang lebih optimal, proses bisnis lebih efisien dan otomatisasi perusahaan distribusi dapat meningkatkan efisiensi penggunaan biaya. Pengeluaran seperti operasional, holding cost dan resiko kerusakan pada stok barang dapat diminimalisir. Hal ini dikarenakan seluruh proses bisnis dapat dipantau melalui satu sistem terpusat, sehingga perusahaan distributor memiliki visibilitas lebih terhadap pengeluaran perusahaan.


Proses Bisnis Distribusi lebih Efektif dengan Penerapan Sistem ERP

Perusahaan distribusi tentu memiliki pusat operasional bisnis pada pengelolaan inventory. Tidak hanya itu, perusahaan juga perlu memiliki kontrol penuh dan visibilitas terhadap beragam operasional lain, seperti finansial bisnis, penjualan, supply chain management, serta pengembangan perusahaan.


Perkembangan teknologi mempermudah perusahaan distribusi untuk melakukan optimalisasi proses bisnis, termasuk juga management inventory. Adanya teknologi seperti Software ERP yang dapat diintegrasikan dengan beragam modul dan software pendukung lain, dapat meningkatkan fungsi dari sistem yang digunakan oleh perusahaan.


Seperti halnya mengelola stok barang dalam gudang, perusahaan dapat menggabungkan Sistem ERP yang sudah diterapkan dengan WMS. Tujuannya, agar perusahaan mendapat visibilitas lebih baik terkait tingkat jumlah inventory, pengadaan stok barang serta proses distribusi produk. Dengan begitu, perusahaan akan dengan mudah menjalankan operasional bisnis.


Integrasikan Sistem ERP Anda dengan WMS dari Prieds

Sebagai startup penyedia Warehouse Management System (WMS) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  dan dapat di-integrasikan dengan berbagai Sistem ERP, Prieds hadir sebagai solusi  untuk peningkatan performa bisnis distribusi. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan Prieds WMS dapat memaksimalkan Sistem ERP yang sudah ada,  serta membantu perusahaan untuk melakukan meningkatkan kinerja operasional distribusi sekaligus mengoptimalkan penggunaan biaya perusahaan, seperti efisiensi holding cost.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait integrasi WMS dengan ERP perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan aplikasi gudang dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

30 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page