• Gabriel C Sudibyo

Pertimbangan Memilih Software Stok Barang yang Tepat

Diperbarui: 2 Mar


Semakin banyak pemilik bisnis menggunakan sistem software stok gudang untuk usaha mereka. Tahukah Anda kalau software semacam ini kini tidak hanya mengurus pengelolaan stok gudang saja, namun juga sektor keuangan (laporan laba rugi, rekap transaksi, arus kas) dan sales secara langsung?


Sistem manajemen dengan kemampuan kelola stok, data jual-beli, dan laporan keuangan sekaligus ini sering disebut sebagai ERP, sebuah singkatan dari Enterprise Resource Planning. ERP ini adalah sebuah sistem yang mengintegrasi proses bisnis (stok, jual-beli, akunting) dan mengotomatisasinya untuk mempersingkat waktu dan memudahkan pemilik usaha.


Melihat dari data yang Prieds miliki dan dari pertanyaan klien-klien kami, kebanyakan memilih sistem kami dari alternatif lainnya karena Prieds berhasil memenuhi ekspektasi yang diharapkan (performance expectancy) dari kegunaan software manajemen stok dan keuangan. Kok bisa?


Faktor Perusahaan Menggunakan ERP dalam Bisnis

Ketika mengadopsi suatu sistem baru, pebisnis biasanya memastikan dahulu:

Apakah sistem ini dapat membantu bisnis saya untuk meningkatkan kapasitas produksi?
Apakah sistem ini seperti aplikasi akuntansi?

Selain dari pertanyaan-pertanyaan tadi, melalui sebuah riset jurnal Universitas Indonesia, ditemukan ternyata pertimbangan pemilik usaha untuk menggunakan “teknologi baru” ke dalam model usahanya ditentukan oleh beberapa faktor.


1. ERP Sistem Inventory untuk Bisnis

Untuk memastikan ekspektasi partner dan klien Prieds agar mendapatkan fitur dengan harga yang sesuai, Prieds menyediakan dua jenis layanan utama: Lite dan Premium.


Keduanya memiliki sistem inventory dan telah disesuaikan untuk kebutuhan bisnis yang berbeda, dengan Prieds Lite mencakup kebutuhan untuk bisnis general (dari penjualan hingga pengiriman) untuk industri skala kecil ke menengah. Prieds Premium dikhususkan pada fully-customized ERP, sistem yang sepenuhnya dapat di custom-build sesuai dengan kebutuhan unik industri dan pengusaha dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam bisnisnya. Prieds Premium ini kebanyakan menjadi aplikasi ERP pada perusahaan di industri skala menengah ke besar.


Prieds selalu terbuka untuk menawarkan solusi teknologi untuk bisnis Anda, melalui konsultasi gratis hingga demo trial kami untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk yang sesuai dengan ekspektasi mereka.


Baca juga: ERP Prieds di Mata ASEAN - Korea dan Google for Startup




2. Persepsi Aplikasi Pembukuan Terbaik

Saat menginvestasikan sejumlah uang, tentu pengguna ingin sistem ERP yang terbaik, yang paling pas dengan perusahaannya. Apalagi ERP dengan sistem berlangganan, yang dirasa buang-buang duit saja, semakin membuat pelanggan berpikir “ada yang gratis, kenapa bayar?”.


Klien Prieds juga memiliki anggapan sendiri atas nilai guna dari produk kami. Kebanyakan pebisnis telah menemukan kegunaan ERP yang diinginkan untuk bisnis mereka, namun belum cukup yakin apakah fungsi ERP setimpal dengan biayanya? Pebisnis memiliki ekspektasi seberapa besar ERP dapat membantu perusahaan mereka. Tanpa keyakinan bahwa sistem ini memberikan keuntungan setimpal dengan budget yang dibayarkan, klien tidak akan menggunakan produk ERP dari Prieds.


Ini karena ERP dari Prieds tidak hanya menarget pada permasalahan internal bisnis, tetapi juga faktor eksternal seperti:

  • Mempermudah sorting produk

  • Peningkatan kerja dan promosi

  • Memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses bisnis: akunting, penjualan, dan manajemen stok

Hal-hal ini menjadi pertimbangan dalam mengadopsi sistem ERP yang tepat ke dalam perusaha

Prieds selalu terbuka untuk menawarkan solusi teknologi untuk bisnis Anda, melalui konsultasi gratis hingga demo trial kami untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk yang sesuai dengan ekspektasi mereka.


3. Sistem Pembukuan Sesuai Kebutuhan Industri dan UMKM


Tidak semua sistem dapat di-custom untuk menyesuaikan kebutuhan spesifik bisnis Anda. Prieds menawarkan keunggulan ini agar dapat memberikan aplikasi pembukuan yang pas dan cocok dengan model bisnis klien. Solusi teknologi dari Prieds dapat diaplikasikan tepat pada pain point atau titik tersulit bisnis Anda, yang diharapkan dapat mempermudah dalam jangka panjang dan berkembang lebih jauh lagi setelah permasalahan diselesaikan. Karena inilah produk kami mendapatkan testimoni yang baik, sembari terus berinovasi untuk membantu ekosistem bisnis Indonesia.


4. Tujuan Sistem Manajemen Usaha untuk Mengurangi Biaya Perusahaan

Tentu saja klien mengharapkan investasi biaya tambahan menggunakan ERP ini dapat kembali atau terbayarkan dengan kegunaan dan kemudahan yang kini dicapai. Ternyata tidak hanya memudahkan, ERP juga mengurangi anggaran belanja perusahaan yang biasanya dikeluarkan untuk mengganti suku cadang mesin produksi, juga mengurangi tagihan listrik dan biaya lembur karyawan.


Data internal Prieds menunjukkan bahwa penggunaan software Prieds menurunkan frekuensi penggantian spare parts mesin manufaktur sebanyak 15% (adanya notifikasi jatuh tempo servis mesin membuat suku cadang tidak cepat aus karena telat servis), mengurangi biaya pegawai dan listrik yang dibutuhkan tiap kali stok opname sebanyak 53%, juga menurunkan waktu yang dibutuhkan untuk stok opname hingga 70%.


Hasil-hasil ini menjadi angka positif untuk kepercayaan partner dan klien pada sistem Prieds, ditunjukkan dengan adanya peningkatan angka partnership dan klien di tahun 2021. Kami bangga dengan hasil yang dapat kami berikan melalui software yang kami sediakan sesuai kebutuhan pebisnis Indonesia.


Faktor-faktor yang disebutkan pada jurnal tersebut memiliki banyak kesamaan dengan keputusan dan testimoni partner serta klien Prieds untuk akhirnya memilih sistem manajemen stok buatan Prieds ke dalam usaha mereka.


Anda juga bisa coba gratis produk Prieds untuk yakinkan bahwa software kami sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda!




26 tampilan0 komentar