top of page
  • kevramadhani

Perhatikan 5 Hal berikut sebelum melakukan Implementasi Sistem ERP pada Bisnis

Mengembangkan bisnis merupakan tujuan utama dari suatu perusahaan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, saat ini penggunaan teknologi dalam proses bisnis banyak dilakukan. Banyak perusahaan telah menggunakan Sistem ERP agar proses bisnis optimal dan memiliki riwayat data terintegrasi.


Tentunya, tidak seluruh upaya peningkatan performa bisnis dengan sistem ERP berhasil. Terdapat beberapa faktor yang perlu dicapai untuk mengetahui kesuksesan implementasi. Implementasi sistem ERP, baik sukses maupun gagal, akan mempengaruhi kinerja staff gudang dan juga menentukan kinerja bisnis secara keseluruhan. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan peninjauan terkait implementasi ERP pada bisnis, sehingga perusahaan dapat merasakan keuntungan yang di dapat melalui sistem ERP.


5 Hal yang Wajib diperhatikan sebelum Implementasi Sistem ERP

Perhatikan 5 Hal berikut sebelum menerapkan sistem erp pada bisnis

Jika perusahaan menginginkan proses bisnis yang lebih optimal dan memenangkan persaingan pasar, tentu proses stock opaname harus dilakukan dengan baik. Selain itu, perusahaan juga perlu mengetahui beberapa kendala yang kerap ditemukan pada proses stock opname berikut :


Memperhatikan Biaya dan Value yang didapat

Sebelum memutuskan untuk menerapkan sistem ERP pada bisnis, tentunya perlu mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan biaya implementasi sistem ERP dapat mempengaruhi kondisi keuangan suatu bisnis. Dan tentunya perusahaan perlu melakukan riset terhadap vendor yang menawarkan sistem ERP agar mendapat value yang lebih dengan biaya yang minim.


Memperhatikan value dari sistem ERP tentu akan menguntungkan perusahaan. Terlebih lagi beberapa fitur yang ditawarkan dalam paket sistem ERP bisa saja sesuai dengan kebutuhan bisnis. Untuk itu, selain melihat dari segi biaya, bisnis juga perlu memperhatikan sistem ERP yang menawarkan value lebih yang dapat meningkatkan performa bisnis.


Pilih proses Implementasi yang Cepat dan Tepat

Pemilik bisnis tentu ingin segera dapat memanfaatkan sistem ERP yang telah diimplementasi. Untuk itu hal yang perlu diperhatikan adalah waktu yang dibutuhkan untuk proses pemasangan hingga dapat digunakan. Dengan memilih vendor yang menyediakan proses implementasi secara cepat. Dengan begitu sistem akan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.


Namun, waktu implementasi yang cepat tidak menentukan kesuksesan implementasi ERP. Sehingga, perusahaan perlu mempertimbangkan lagi apakah sistem sudah layak untuk digunakan dan terhindar dari beberapa bug. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka bisnis akan mendapatkan hasil implementasi yang optimal dengan waktu penyesuaian yang singkat.


Mempertimbangkan Sistem ERP yang User Friendly

Tujuan penerapan sistem ERP pada bisnis yaitu agar proses menjadi efektif dan efisien. Agar hal tersebut dapat tercapai, tentunya sistem ERP yang diimplementasikan harus memiliki kemudahaan saat digunakan. Sehingga staf dapat dengan mudah dan cepat untuk melakukan adaptasi.


Sistem ERP yang user friendly juga menawarkan tampilan yang menarik dan komplit. Sehingga seluruh aktivitas dapat dipantau lebih mudah pada sistem. Selain user friendly, pelaku bisnis juga perlu memberikan pelatihan kepada staf terkait sistem ERP. Sehingga proses implementasi dapat dilakukan dengan cepat dan optimal.


Memilih Sistem ERP yang fleksibel

Sistem ERP yang baik memiliki fitur yang berlimpah dan dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Perusahaan perlu memperhatikan fleksibilitas dan beragam fitur yang disediakan, agar investasi pada sistem ERP memiliki value lebih pada proses bisnis. Fleksibilitas dapat dilihat dari kebutuhan bisnis yang mampu dioptimalisasi dan diotomatisasi dengan sistem. Selain itu, fitur yang ditawarkan dapat ditambah seiring dengan kebutuhan bisnis.


Proteksi data secara baik

Di era digital seperti sekarang, seluruh informasi tersimpan dalam bentuk data yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Berkaca dari hal tersebut, pelaku bisnis perlu memperhatikan tingkat keamanan yang dimiliki oleh sistem ERP. penggunaan firewall dan private cloud sebagai contoh, dapat membarikan perusahaan proteksi data dengan baik. Sehingga pelaku bisnis tidak dihadapkan dengan permasalahan seperti pencurian data penting.


Selain itu, sistem ERP memang digunakan untuk menunjang kinerja proses bisnis. Sehingga proses yang masih dilakukan secara manual akan tergantikan dengan sistem yang otomatis. Hal ini tentu memberikan kenyamanan bagi bisnis, karena data yang diperoleh terpusat pada satu sistem. Proses pendataan secara otomatis memberikan kelebihan dari manajemen data. Dengan begitu bisnis tidak lagi perlu khawatir jika data tidak lengkap atau tidak terorganisir dengan baik.


Dapatkan proses Implementasi mudah dan Cepat dengan Sistem ERP Prieds

Gunakan Sistem ERP Prieds pada bisnis

Implementasi sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja proses bisnisnya. Sebelum perusahaan memutuskan untuk melakukan implementasi sistem ERP, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dipertimbangkan. Tujuannya, agar hasil implementasi sistem ERP menjadi sukses dan bermanfaat bagi perusahaan. Dengan memperhatikan hal penting yang telah dijelaskan diatas, perusahaan akan mendapatkan value yang lebih bagi bisnis dengan menerapkan sistem ERP. Untuk itu Prieds hadir dengan menawarkan sistem ERP terbaiknya.


Sebagai startup penyedia Sistem ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan dan perencanaan sumber daya perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur yang ditawarkan oleh Sistem ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait persiapan implementasi sistem ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Sistem ERP Prieds pada bisnis Anda.


19 tampilan0 komentar