Memilih Aplikasi Bisnis: Hindari 4 Kesalahan Ini

Memilih sistem manajemen perusahaan, aplikasi bisnis, atau sistem ERP yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda adalah salah satu keputusan paling penting yang dapat Anda buat. Oleh karena itu, wajar jika keputusan ini sering kali menimbulkan banyak kecemasan dan keraguan.

Jika Anda merasakan hal berikut saat mempertimbangkan solusi aplikasi bisnis, Anda tidak sendirian. Berikut adalah beberapa kecemasan dan kesalahan persepsi yang umum terjadi.

strategi bisnis

1. Saya dapat menilai aplikasi bisnis sepenuhnya dengan uji coba gratis (free trial)

Uji coba gratis atau free trial adalah strategi yang memungkinkan Anda melihat seluk beluk sistem yang lebih simpel, seperti software akuntansi. Namun, jauh lebih sulit untuk melakukannya dengan software pengelolaan perusahaan, terutama jika proses bisnis Anda panjang dan rumit.

Saat memilih aplikasi bisnis atau sistem, anda harus menentukan tujuan. Semakin Anda fokus untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis Anda, semakin efektif solusi yang Anda pilih. Anda kemudian dapat menyelidiki penyedia software potensial secara online dan memilih solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di beberapa titik dalam proses pemilihan Anda, Anda akan ingin melihat demonstrasi solusi yang Anda pilih. Anda harus memastikan Anda melihat area fungsional utama yang penting. Penting untuk menyusun waktu segmen demonstrasi dengan hati-hati untuk memastikan vendor tidak menghabiskan waktu lama untuk mendemonstrasikan bagian-bagian dari solusi yang bekerja dengan sangat baik, sambil mengabaikan bagian-bagian yang lemah.

memilih aplikasi bisnis

Baca juga:

  1. 4 Peluang Bisnis Online di Tahun 2021

  2. Daftar Usaha? Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui

  3. Manfaat ERP dan IoT untuk Industri Ritel

  4. Pandemi COVID-19 Percepat Transformasi Digital, Apa Dampaknya?

  5. Smart Living dengan IoT : Gaya Hidup Terbaru Abad 21

2. Mengapa saya memerlukan solusi manajemen perusahaan jika saya memiliki spreadsheet?

Spreadsheet tidak diragukan lagi sangat berguna untuk laporan keuangan dan analisis data. Namun mereka mengandalkan entri data manual dan oleh karena itu rentan terhadap kesalahan manusia. Penelitian menunjukkan 88 persen spreadsheet memiliki kesalahan di dalamnya.

Batasan lain dari spreadsheet adalah mereka terisolasi. Beberapa spreadsheet dapat digunakan di seluruh bisnis, sehingga menyulitkan integrasi data. Dan jika Anda melakukannya, selalu ada risiko entri ganda. File spreadsheet mungkin juga terhapus secara tidak sengaja.

Sistem ERP dan aplikasi bisnis membantu Anda menghilangkan banyak spreadsheet, memungkinkan Anda memantau informasi secara real time, apalagi laporan keuangan. Anda tidak lagi menghadapi risiko entri ganda atau kehilangan data, dan solusi manajemen perusahaan dapat secara efisien mengkonsolidasikan data dari seluruh organisasi Anda.

memilih aplikasi bisnis

3. Mengapa saya harus membayar sistem jika saya memiliki tim IT sendiri?

Pikirkan biaya maintenance untuk sistem bisnis sebagai asuransi terhadap bahaya yang tidak terduga. Ya, perusahaan Anda memerlukan tim IT sendiri untuk memelihara dan menjaga software tetap berjalan, tetapi mungkin tidak memiliki tingkat keahlian yang dimiliki vendor ERP untuk produk mereka sendiri.

Di masa mendatang, Anda akan memerlukan peningkatan, integrasi ke aplikasi / software pihak ketiga atau bantuan untuk memastikan kinerja software yang optimal. Membayar biaya dukungan untuk menerima layanan ini dari vendor Anda lebih hemat biaya dan mulus daripada mencari layanan dari pihak lainnya.

memilih aplikasi bisnis

4. Saya dapat menunda pembelian aplikasi bisnis hingga tahun depan

Menurut Harvard Business Review, kurang dari setengah data bisnis secara aktif digunakan dalam pengambilan keputusan. Untuk berhasil dalam industri yang sangat kompetitif seperti manufaktur, distribusi, dan layanan, sangat penting untuk memprioritaskan pengelolaan data, analitik, dan kemampuan business intelligence lebih cepat, daripada nanti.

Untungnya, sistem ERP atau solusi manajemen bisnis saat ini memungkinkan organisasi untuk melakukannya dengan menyediakan dashboard dan laporan bisnis yang optimal. Hal ini penting untuk mengelola data secara efektif untuk bekerja lebih efisien dan mengembangkan bisnis Anda.

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik disini atau hubungi Whatsapp kami.


Chat on WhatsApp

#StrategiBisnis #AplikasiBisnis #Bisnis #Digital #Teknologi #SistemERP

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua