top of page

Manfaat Integrasi ERP System dengan WMS bagi Perusahaan Manufaktur

Agar dapat bersaing untuk memenangkan pasar, penting bagi perusahaan untuk selalu meningkatkan efisiensi, merampingkan proses bisnis dan mengoptimalkan produktivitas. Salah satu solusi yang telah banyak diterapkan di berbagai industri yaitu Enterprise Resource Planning (ERP) yang terintegrasi dengan Warehouse Management Systems (WMS).


Perusahaan seperti manufaktur dapat memanfaatkan integrasi sistem ERP dengan WMS untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Selain itu, integrasi ini mampu merubah proses pengelolaan sumber daya dan pergudangan di perusahaan manufaktur menjadi lebih optimal.


Manfaat Integrasi Sistem ERP dengan WMS

Manfaat Integrasi Sistem ERP dengan WMS

Meningkatkan Akurasi Data dan Memberikan Visibilitas Realtime

Salah satu manfaat utama dari integrasi ERP dengan WMS yaitu arus informasi yang mulus antara kedua sistem. Dengan memiliki database terpusat, perusahaan manufaktur dapat memastikan pembaruan data dengan lebih akurat dan terjadi secara realtime.


Arus informasi yang lancar juga dapat memberikan perusahaan visibilitas yang baik pada seluruh proses bisnis secara realtime. Baik dari tingkat inventory, status pesanan, penggunaan bahan baku hingga pengiriman dapat terlihat pada sistem. Dengan begitu perusahaan akan lebih tepat dalam mengambil kebijakan, mengurangi resiko terjadinya kesalahan dan memastikan seluruh staf dalam perusahaan memiliki akses pada data terbaru sesuai dengan tingkat tanggungjawabnya.


Mengoptimalkan Proses Pemenuhan Pesanan

Integrasi ERP dan WMS dapat merampingkan proses pemenuhan pesanan. Dari tahap pesanan diterima hingga proses pengiriman, seluruh alur kerja menjadi lebih efisien dan optimal. Kemudahan dalam mengakses data terbaru mempermudah perusahaan manufaktur untuk  memastikan tingkat inventory secara akurat, dan menghindari terjadinya kehabisan stok barang. Otomatisasi pada proses pemenuhan pesanan juga berdampak pada pengiriman yang lebih cepat dan akurat, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen.


Penggunaan Sumber Daya lebih Efisien

Integrasi antara sistem ERP dengan WMS meningkatkan koordinasi dan alokasi penggunaan sumber daya. Memiliki visibilitas dalam mengelola gudang dan proses bisnis lain, perusahaan manufaktur dapat mengoptimalkan kinerja secara keseluruhan, mengalokasikan penggunaan sumber daya dengan lebih efisien dan juga meningkatkan respon jika terjadi fluktuasi pada permintaan. Hal ini akan berdampak pada proses operasional yang semakin efisien dan penurunan penggunaan biaya.


Skalabilitas dan Kemampuan Adaptasi

Dengan bertumbuhnya sebuah bisnis, tentu proses operasional juga perlu disesuaikan. Integrasi antara sistem ERP dengan WMS menawarkan skalabilitas agar perusahaan manufaktur dapat dengan mudah beradaptasi dengan kebutuhan bisnis. Baik ekspansi pasar, menambah jenis produk hingga beradaptasi pada permintaan musiman, sistem terintegrasi dapat mempermudah perusahaan untuk menghadapi setiap perubahan yang ada.


Manajemen Keuangan yang Baik

Melakukan integrasi ERP system dengan WMS dapat memperlancar manajemen keuangan dengan cara menghubungkan data inventory dengan transaksi. Integrasi ini memberikan perusahaan seperti manufaktur kemampuan untuk melacak biaya dan pengeluaran yang berhubungan dengan operasional gudang, memantau nilai inventory secara realtime dan penyusunan laporan keuangan secara akurat. Visibilitas terhadap finansial perusahaan akan memberikan kemampuan yang baik dalam melakukan penyusunan anggaran, forecasting dan mengontrol pengeluaran.


Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Dengan mengintegrasikan ERP system dengan WMS, perusahaan dapat memberikan pelayanan konsumen dengan lebih baik. Dari pemenuhan pesanan yang akurat, waktu respon terhadap kebutuhan konsumen yang cepat, dan visibilitas yang baik pada pesanan, semuanya berdampak pada peningkatan kepuasan konsumen. Sehingga konsumen yang merasa puas dengan pelayanan perusahaan, dapat melakukan pembelian berulang dan menjadi pelanggan loyal.


Integrasikan ERP System Perusahaan Manufaktur dengan WMS Prieds dan Dapatkan Beragam Manfaatnya bagi Bisnis

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Software ERP yang sudah banyak diadopsi oleh bisnis dapat mempermudah perusahaan untuk memantau dan mengelola berbagai aktivitas operasionalnya.


Sistem ERP yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan, seperti manufaktur, dapat diperluas lagi fungsinya melalui integrasi, salah satunya yaitu dengan WMS. Integrasi antara kedua sistem ini memiliki berbagai manfaat terutama dalam mengelola sumber daya dan juga manajemen pergudangan secara bersamaan melalui sistem terpusat. Dengan begitu, perusahaan akan memiliki visibilitas yang lebih luas, arus informasi data lebih akurat dan otomatis terbarui secara realtime, dan kemampuan skalabilitas yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan dengan existing ERP system, Prieds Technology hadir sebagai solusi bagi peningkatan performa bisnis seperti pada industri manufaktur. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada WMS Prieds dapat memperluas fungsi ERP system yang sudah ada, dan membantu perusahaan untuk melakukan meningkatkan kinerja proses manufaktur secara efektif dan efisien.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait integrasi sistem WMS dengan ERP perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

27 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page