top of page

5 Permasalahan umum Inventory Management dan Solusi mengatasinya

Diperbarui: 9 Des 2023

Inventory merupakan pondasi penting pada perusahaan penyedia atau produsen sebuah barang. Melakukan inventory management dengan baik, dapat membantu bisnis agar lebih berkembang dan sukses.


Penerapan inventory management yang tepat memiliki berbagai keuntungan, mulai dari pengurangan biaya, peningkatan arus kas dan memastikan keberlangsungan proses produksi guna memenuhi permintaan produk.


Tentunya, melakukan pengelolaan inventory tidak terlepas dari beberapa kendala. Yang terpenting adalah bagaimana perusahaan dapat menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena dengan solusi yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Berikut permasalahan umum dalam inventory management dan solusi mengatasinya.


5 Permasalahan Inventory management

Permasalahan Inventory Management

Proses manajemen inventory yang kurang efisien

Manajemen yang kurang efisien merupakan kendala terbesar yang banyak dihadapi oleh beragam jenis bisnis, salah satunya saat melakukan inventory management.


Pengelolaan inventory secara manual, menggunakan banyak tenaga kerja dan teknologi lama dapat menghambat bisnis untuk berkembang. Mungkin hal ini bukan menjadi kendala pada bisnis dengan skala kecil, akan tetapi ketika perusahaan melakukan ekspansi, beberapa hal tersebut menjadi sumber manajemen inventory menjadi kurang efisien.


Prosedur manajemen inventory yang dilakukan secara manual, melibatkan pencatatan menggunakan kertas, ataupun berbagai aplikasi yang tidak saling berkesinambungan. Hasilnya, perusahaan menghadapi problematika seperti data yang berulang, data tidak lengkap, pemborosan waktu dan juga rentan terhadap kehilangan data.


Kendala melacak stok barang lama

Berbagai bisnis yang berhubungan dengan pengelolaan stok barang, tentu pernah berhadapan dengan permasalahan ini. Dalam gudang, ada beberapa stok barang yang belum terjual atau belum terpakai, hingga stok barang tersebut menjadi kedaluwarsa dan tidak dapat dipakai.


Stok barang yang tidak terpakai biasanya akan semakin menumpuk seiring banyaknya pengadaan stok untuk memenuhi permintaan konsumen. Stok barang yang awalnya direncanakan untuk memenuhi permintaan yang akan datang, akhirnya tidak terpakai dan perusahaan melakukan pengadaan stok barang baru. Hal ini membuat stok barang lama yang tersimpan dalam gudang akan semakin buruk kondisinya hingga sudah tidak layak pakai dan menjadi pemborosan biaya.


Visibilitas inventory yang kurang baik

Jika dalam proses inventory management, staff masih kesulitan dalam mencari dan menemukan lokasi stok barang, maka hal ini akan mengganggu proses lain, seperti waktu pengiriman yang tidak sesuai jadwal hingga menurunnya reputasi perusahaan.


Visibilitas inventory yang kurang baik dapat memicu beragam kendala lain seperti pengiriman yang tertunda, kesalahan pengiriman stok barang, hingga pemborosan biaya. Memperhatikan visibilitas yang baik pada inventory akan memastikan efisiensi pengelolaan gudang, dan tentunya berdampak pada kepuasan konsumen.


Pengadaan stok barang secara berlebihan

Ketika perusahaan melakukan pengadaan stok barang, dengan memiliki sisa stok barang yang belum terpakai pada gudang dan menjadi penumpukan stok barang secara berlebih.


Permasalahan ini umumnya diakibatkan oleh proses yang masih dilakukan secara manual yang membuat pengelolaan stok barang tidak efisien. Menyimpan stok secara berlebihan sama buruknya dengan kekurangan stok barang, dimana keduanya mempengaruhi keuntungan perusahaan dan memicu beberapa kendala.


Permintaan Pasar yang Berubah

Kebutuhan konsumen yang selalu berubah juga berdampak pada proses inventory management. Perusahaan dihadapkan dengan dilema, ketika memiliki stok yang banyak maka dapat memicu dead stock, dan memiliki stok sedikit, maka perusahaan tidak dapat memenuhi seluruh permintaan konsumen.


Solusi mengatasi permasalahan Inventory Management

Solusi Inventory Management

Dengan berkembangnya teknologi, permasalahan yang umum terjadi pada inventory management dapat diatasi dengan solusi yang tepat. Berikut beberapa solusi untuk mengatasi kendala dalam inventory management, diantaranya yaitu :

  1. Penerapan Sistem dan IoT, memiliki sistem inventory management yang terhubung dengan IoT akan mempermudah staf gudang untuk mengelola dan melacak stok secara cepat dan efisien. Selain itu, perusahaan dapat merampingkan proses manajemen dengan tetap berfokus pada pengembangan bisnis.

  2. Kontrol stok barang yang efisien, Dengan menerapkan sistem inventory management, staf gudang akan lebih mudah untuk mengontrol stok barang. Staf gudang akan memiliki visibilitas yang baik terhadap lokasi dan kondisi stok, sehingga penyimpanan stok barang lama dapat ditekan.

  3. Sistem manajemen inventory secara real-time, memiliki sistem pengelolaan stok dengan pembaruan data secara real-time memiliki beragam manfaat bagi perusahaan. Mulai dari pelacakan lokasi stok barang dan jumlah stok yang tersimpan pada gudang secara akurat. Hal ini tentu akan meningkatkan pemenuhan permintaan dan meningkatkan kepuasan konsumen.

  4. Stock Opname berkala, melakukan penjadwalan stock opname berkala dapat mengatasi permasalahan inventory management. Dengan jadwal yang rutin, perusahaan akan lebih mudah untuk melacak stok barang yang tersimpan dalam gudang secara detail. Selain itu, stock opname berkala juga dapat meningkatkan efisiensi inventory management, pengurangan biaya, meningkatkan ketepatan waktu dan keuntungan.

  5. Data lengkap Inventory Management System, memiliki data yang berhubungan dengan pengelolaan stok barang, akan mempermudah perusahaan untuk mengetahui kebutuhan pengadaan dan memahami kebutuhan konsumen. Dengan data yang lengkap, perusahaan dapat melakukan analisis data dan menyusun prediksi kebutuhan inventory management. Dengan begitu, pengelolaan dapat berjalan secara efisien dan perusahaan akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berubah.


Atasi Permasalahan Pengelolaan Stok Barang dengan Menggunakan Software Inventory dari Prieds

Inventory management pada perusahaan perlu dioptimalisasi dan mulai meninggalkan proses secara manual karena akan mendatangkan banyak kendala. Salah satu cara untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi pengelolaan stok barang yaitu dengan menerapkan sistem inventory management, yang juga terhubung pada IoT.


Sebagai startup penyedia Inventory management system yang menyediakan sistem pre-build dan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen inventory perusahaan melalui integrasi antara hardware, Iot dan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Inventory Management dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar pengelolaan dapat dilakukan dengan optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi inventory management bisnis anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan pengelolaan inventory yang lebih efisien dengan teknologi canggih pada perusahaan Anda.

680 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page