4 Peluang Bisnis Online di Tahun 2021

Tahun 2021 bisa jadi waktu yang tepat untuk memulai usaha! Semakin banyak orang yang memiliki ‘side job’ atau usaha sampingan yang bisa dikerjakan secara online dari rumah atau dari mana saja. Kira-kira peluang bisnis online apa saja yang bisa Anda jadikan cuan di tahun 2021 ini? Simak pembahasan kami.

1. Online Shop

Peluang bisnis online shop sedang tumbuh subur di Indonesia berkat pesatnya pertumbuhan e-commerce marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain. Dikutip dari Detikcom, jumlah pengunjung bulanan Tokopedia pada Januari 2021 mencapai 129,1 juta, disusul Shopee dengan 120 juta pengunjung bulanan. Hal ini menunjukkan besarnya potensi untuk berbisnis di platform e-commerce. Terlebih lagi, saat ini e-commerce menjual berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Anda bisa menggali ceruk pasar yang cocok dengan produk Anda dan memasarkannya lewat e-commerce. Terlebih lagi, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk berjualan produk Anda.

Sistem erp sistem bisnis ecommerce

Bisnis Online, mudah sekali memulainya

2. Dropshipper

Jika bisnis online shop masih terlalu berisiko bagi Anda karena kurangnya modal atau pengetahuan, Anda bisa mencoba menjadi dropshipper. Dropshipping adalah model penjualan yang memanfaatkan pihak ketiga untuk menjual barang langsung dari supplier. Anda tidak perlu punya toko fisik atau bahkan menyentuh fisik produknya, cukup buka online shop, lalu teruskan penjualan dari supplier yang akan mengepak dan mengirimkan produk ke konsumen akhir. Resiko dropshipper lebih rendah karena tidak memerlukan modal besar dan riset produk mendalam karena hal tersebut sudah ditanggung supplier. Dari sisi supplier, dropshipping jadi alternatif untuk menambah channel penjualan dan meningkatkan penjualan. Nah, maka dari itu, dropshipping cocok dilirik bagi pemula yang ingin mencoba berbisnis online.

3. Food & Beverage (F&B)

sistem aplikasi bisnis untuk fnb

Bisnis F&B yang merajalela di tahun 2020

Berkat pandemi, sebagian masyarakat mulai beralih ke sistem pemesanan online, baik melalui aplikasi pesan antar atau marketplace, untuk memenuhi kebutuhan makanan & minuman. Data dari Compas menyebutkan total penjualan makanan & minuman di marketplace mencapai lebih dari 10 miliar! Meskipun persaingan semakin ketat, tak ada salahnya mencoba peruntungan di bisnis F&B asal dibarengi dengan kreativitas dan inovasi yang disesuaikan dengan lidah konsumen. Pelajari tren pasar dan jangan ragu untuk memunculkan produk-produk baru yang unik dan kreatif. Konsumen pun akan berbondong-bondong membeli produk Anda!

4. Jasa Freelance

Menawarkan jasa freelance bisa jadi alternatif bisnis online bagi Anda yang ingin bekerja dari rumah atau remote. Pekerjaan freelance punya jam kerja yang fleksibel dan Anda pun bisa memutuskan sewaktu-waktu apakah menerima atau menolak pekerjaan tersebut. Ada banyak jasa yang bisa Anda tawarkan dan ada banyak situs yang bekerja sebagai jembatan bagi penyedia dan pengguna jasa, misalnya Freelancer, Fiverr, dan Upwork. Misalnya, kalau Anda jago menulis, tawarkan jasa content writing atau copywriting. Kalau Anda jago SEO, tawarkan jasa SEO specialist. Kalau jago mengembangkan web atau aplikasi, banyak pekerjaan untuk app development atau web development. Banyak sekali pekerjaan yang saat ini bisa dilakukan secara freelance atau remote, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Bisa jadi ini jalan Anda menuju kesuksesan!

Nah, tahukah Anda kalau sekarang Prieds bisa membantu pertumbuhan bisnis online Anda? Jika Anda punya online shop misalnya, teknologi ERP berbasis IoT dari Prieds bisa mengintegrasikan point of sales (POS) dengan ERP sehingga memberikan informasi menyeluruh tentang penjualan, pendapatan, dan profit. Jika Anda bergerak di bidang F&B, Anda bisa memantau bahan baku yang dibutuhkan, berapa banyak demand konsumen, dan membantu manajemen keuangan. Bisnis online juga bisa memanfaatkan ERP dari Prieds untuk mengelola akuntansi, sumber daya manusia, produksi, penjualan, distribusi, hingga pengiriman ke konsumen akhir. Mau coba peluang bisnis apapun, ERP berbasis IoT dari Prieds bisa membantu mengelola semua proses bisnis Anda sehingga lebih efektif dan efisien!

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.


Chat on WhatsApp

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua